Sabtu, 31 Oktober 2015

[PERT3-1]Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar di SDN Pesanggrahan 10 PG dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia











Kelas   : LA16
Dosen  : Tasman S.Ag, M.Si(D5687)
Waktu : Kamis, 29 Oktober 2015
Pukul   : 09.30-11.03
Lokasi : Perpustakaan SDN Pesanggarahan 10 PG, Jalan Cenek No.15 Komp. Kodam Bintaro Jakarta Selatan
PIC      : Dwi A (Operator Sekolah)

Tim yang hadir            :
Ketua              : Robin-1701360633
Anggota          :
1.      Michelle Ricky Putri-1701303440
2.      Cleo Amadheus Bondan Wibisono-1701303226
3.      Rayi Dwipanilih-1701334300
4.      Imanuel Rano Julyano Sakuain-1701319621
5.      Cakra Gumilar Karna Saputra-1701326072
6.      Mohamad Rizal Yogaswara-1701307331
7.      Agung Arifianto Yuhani-1701330486
8.      Yusuf Muhammad-1701352700

(dari kiri : Michelle Ricky Putri, Cleo Amadheus Bondan Wibisono, Rayi Dwipanilih, Yusuf Muhammad, Mohamad Rizal Yogaswara, Cakra Gumilar Karna Saputra, Imanuel Rano Julyano Sakuain, Agung Arifianto Yuhani, Robin)





















Teori

      Sebagai instrument etis, teknologi harus mendukung eksistensi kemanusiaan. Tujuan etis dari teknologi itu adalah manusia sendiri. Tesis ini mengandung beberapa imperative yakni “mempertimbangkan tuntutan etis, mengedepankan maksud baik, menyuarakan kebenaran, dan memperlihatkan keteladanan”
        Software computer = perangkat lunak sistem operasi seperti spreadsheets, database, dan word-
processing packages. Kemampuan software untuk menggandakan sejumlah data tentu saja memunculkan persoalan-persoalan etis dan social tentang privasi. Hal lain yang berkaitan adalah intelektual property rights.
    Jaringan Komputer = Menurut Spinello komponen vital dari infrastruktur informasi adalah jaringan. Teknologi jaringan computer memungkinkan terjadinya pertukaran informasi terhadap jaringan data. Selain itu dalam bidnag jaringan computer ini memungkinkan lahirnya “virtual corporation” dan “Virtual community”
      Hardware Computer= Masalah yang dihadapi akibat kemajuan teknologi adalah pengangguran, karena banyak jenis pekerjaan yang sebelumnya ditangani manusia kini ditangani oleh teknologi. Tantangan etis lainnya yaitu masalah privasi. Oleh karena itu, perilaku etis yang berkaitan dengan privasi orang adalah mempertimbangkan prinsip informed concent.

Tahap Persiapan
Sebelum kami memulai kegiatan mengunjungi SDN Pesanggrahan 10 PG, Saya(Robin) meminta M.Rizal Yogaswara untuk menghubungi dan mengecek dan menentukan jadwal untuk dapat memulai sesi pendataan dan validasi realisasi KJP dan 8355, karena sebelumnya dia merupakan alumni dari SDN tersebut.

Tahap Pelaksanaan
Pada tanggal 29 oktober 2015 pukul 07.00 kami berkumpul di sekitar parkiran mobil di BINUS dan dengan keanggotaan lengkap langsung berangkat ke SDN Pesanggrahan 10 PG yang terletak di Jalan Cenek No.15 Komp. Kodam Sampai pada sekitar pukul 08.11 kami sampai di SDN tersebut. Langsung saja kami meminta izin satpam untuk dapat memasuki area sekolah untuk dapat bertemu dengan Kepala Sekolah.
Kebetulan kami tidak dapat bertemu dengan kepala sekolah dikarenakan ada rapat di luar sekolah. Selanjutnya kami bertemu dengan operator sekolah bernama Ibu Dwi dan dikarenakan keadaan sekolah yang sedang mengadakan ulangan, maka kami menunggu hingga pukul 09.30.
Pada sekitar pukul 09.30, ibu dwi mengajak anak-anak yang memiliki KJP berkumpul di perpustakaan untuk melakukan pendataan instrumen KJP sejumlah 19 anak pemegang KJP. Kebanyakan dari anak-anak tidak mengerti atau tidak tahu dalam pengisian istrumen dikarenakan kebanyakan dari mereka dalam penggunaan KJP melalui orang tua. Untuk mengatasi sebagian hal tersebut dari sebagian anak, kebetulan ada beberapa orang tua siswa yang berada dilokasi untuk kami interview dalam membantu siswa dalam mengisi instrumen KJP.

Kesimpulan
Kebanyakan dari siswa kelas 2 hingga 6 kebingungan dengan pertanyaan yang ada di dalam instrumen KJP yang kami miliki dikarenakan berbagai faktor salah satunya orang tua/wali yang membantu siswa dalam pemakaiannya. Maka kami sedikit khawatir keabsahan dari instrumen KJP yang kami miliki saat ini yang diisi oleh siswa-siswa. 

Next to do
Pendataan dan Validasi 8355 di SDN Pesanggrahan 10 PG

Jumlah peserta
19 siswa dan 2 orang tua













Tidak ada komentar: